RUMAH BILL GATES SAINS | SAINS DAN TEKNOLOGI: RUMAH BILL GATES

Sunday, October 4, 2015

RUMAH BILL GATES

Bill Gates, selain terkenal sebagai orang kaya di dunia. Beliau juga memiliki rumah tercanggih  di dunia. Mau tahu rumah mewah Bill Gates, mari kita lihat.

Meski Microsoft baru menawarkan Cortana sebagai salah satu cara untuk mengendalikan rumah pintar, Bill Gates (pendiri Microsoft) sudah terlebih dahulu mendirikan salah satu rumah tercanggih di muka bumi. Dengan ditenagai server Windows, rumah ini dikendalikan oleh sistem operasi yang dinamakan Xanadu 2.0.

rumah Bill Gates
rumah Bill Gates

Bill Gates membutuhkan tujuh tahun dan biaya sekitar Rp 756 miliar untuk membangunnya, wow. Mansion canggih seluas 66.000 meter persegi ini bukan sekedar pamer teknologi, tapi juga punya konsep hijau agar menghemat penggunaan energi. Bisa jadi ini menjadikannya termasuk rumah mewah di dunia.

rumah Bill Gates
rumah Bill Gates

Rumah ini dapat melacak dan memberikan reaksi berbeda atas apa yang dilakukan penghuninya. Kalau bertamu ke rumah ini, Anda mesti menggunakan pin. Lewat pin inilah rumah mengenali dan menyesuaikan diri dengan kegemaran Anda. Rumah akan menyesuaikan temaram lampu, temperatur, dan musik kesukaan yang mengalun lewat speaker tersembunyi di balik dinding. Tentu pin ini mesti diprogram dulu sebelumnya.

Rumah juga otomatis memadamkan lampu di ruangan begitu Anda meninggalkannya dan menyalakan ruangan berikutnya ketika Anda memasuki ruangan lain. Bahkan kolam renang di rumah ini dilengkapi dengan sistem audio bawah air. Tidak perlu takut kedinginan saat musim dingin, sebab tiap jengkal lantai di rumah ini sudag dilengkapi lantai dengan pemanas.

Sebuah kantor akuntan publik, King County memperkirakan saat ini properti yang punya pantai kecil dengan pasir impor dari Karibia ini berharga Rp 1,4 triliun. Gates membeli properti ini pada 1988 sebesar Rp 24 miliar. Berapa besar pajak yang ia bayar pertahun? Hanya Rp 12 miliar saja. Wow

Diperlukan 300 pekerja konstruksi untuk membangun mansion ini. Dimana 100 orang diantaranya adalah pekerja listrik. Para pekerja listrik ini diperlukan untuk instalasi ribuan meter kabel yang ditanam di rumah untuk menghubungkan perangkat home automation dengan server Windows. Kebanyakan dari kabel ini adalah serat optik. Selain canggih, Xanadu 2.0 juga sangat ramah lingkungan, sebab ia dibangun dengan pelindung alam sekelilingnya untuk pengaturan temperatur lebih efisien.

Rumornya, Bill Gates punya pohon favorit yang dipantau secara elektronik 24 jam sehari. Pohon maple berumur 40 tahun ini sangat beruntung, sebab jika sistem menilai pohon ini terlalu kering maka sistem akan menyiram otomatis. Penasaran dengan kecanggihan rumah ini, gosipnya seorang pernah membayar Rp 240 juta untuk berkeliling di rumah ini. Uang itu lantas didonasikan oleh Bill Gates.

Demikian tulisan mengenai rumah Bill Gates, semoga bermanfaat dan menginspirasi....

Sumber:
Chip edisi Maret 2015. Rumah Bill Gates

No comments:

Post a Comment

Mohon berkomentar sesuai dengan Artikel yang Anda baca. Terima kasih