STALAKTIT DAN STALAGMIT SAINS | SAINS DAN TEKNOLOGI: STALAKTIT DAN STALAGMIT

Thursday, October 8, 2015

STALAKTIT DAN STALAGMIT


Di Indonesia banyak dijumpai gua-gua yang di dalamnya terdapat stalaktit dan stalagmit yang indah, misalnya gua Jati Jajar dan gua Gong. OK, pasti banyak yang penasaran dengan pengertian stalaktit dan stalagmit itu apa. 

stalaktit dan stalagmit
stalaktit dan stalagmit
Stalaktit adalah batangan kapur yang terdapat pada langit-langit gua dengan ujung meruncing ke bawah. Stalagmit adalah susunan batu kapur berbentuk kerucut berdiri tegak di lantai gua. Gua-gua yang memiliki stalaktit dan stalagmit adalah gua-gua yang tanahnya mengandung Kalsium Karbonat (batu gamping). Pernahkah Anda berwisata ke gua-gua yang didalamnya terdapat stalaktit dan stalagmit? Ada tetesan-tetesan air di dalamnya? adakah hubungan tetesan-tetesan air terbentuknya stalaktit dan stalagmit?

Pembentukan stalaktit dan stalagmit merupakan reaksi kimia yang melibatkan gas CO2 dan pembentukan CaCO3 yang sukar larut dalam air. Gas CO2 yang banyak terdapat di udara akan bereaksi dengan padatan batu gamping (CaCO3) dengan batuan air akan menghasilkan kalsium bikarbonat (Ca(HCO3)2) yang larut dalam air sesuai reaksi:

CaCO3 (s) + CO2(g) + H2O(l) -->  Ca(HCO3)2(aq)

Kalsium bikarbonat yang larut dalam air merembes ke dalam tanah masuk ke dinding atas gua kemudian jatuh ke permukaan gua. Dalam perjelanan menetes dari atas ke bawah dinding gua, kalsium bikarbonat mengalami peruraian membentuk  kalsium karbonat (CaCO3) yang tidak larut dalam air sehingga terbentuk stalaaktit dan stalagmite.

Ca(HCO3)2(aq) --> CaCO3(s) + CO2(g) + H2O(l)
Proses pembentukan stalaktit dan stalagmite sangat lama. Oleh karena itu, keberadaannya terutama d daerah Anda harus dirawat dan dijaga dengan baik untuk objek wisata ya. ^.^


Demikian tulisan mengenai Stalaktit dan stalagmit, semoga bermanfaat….



Sumber:
Rahardjo, S.B.(2007).Proses di Sekitar Kita. Wangsa Jatra Lestari: Solo

No comments:

Post a Comment

Mohon berkomentar sesuai dengan Artikel yang Anda baca. Terima kasih